Wednesday 19 February 2014

Makanan Penurun Kolesterol

Pengertian Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. (Info lebih lengkap silahkan baca di Wikipedia)

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL [Kolesterol Jahat] saja yang berakibat buruk sedangkan jenis HDL [Kolesterol Baik] merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Tanda dan gejala kolesterol
Bagaimana gejala dan tanda-tanda yang dialami oleh seseorang dengan kadar kolesterol berlebih? Umumnya, gejala tersebut sulit dikenali dan bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali.
Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menyebabkan aliran darah menjadi kental karena banyak mengandung lemak. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah dan mengganggu kelancaran peredaran darah.
Adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah akan membuat pembuluh darah menyempit dan sangat mengganggu supplai oksigen dalam tubuh.
Akibatnya, kadar oksigen di dalam darah berkurang dan timbullah gejala-gejala akibat kurang oksigen seperti sakit kepala atau pegal-pegal. Namun, biasanya gejala tersebut tidak disadari seseorang sebagai akibat kelebihan kolesterol pada tubuhnya karena gejala-gejala tersebut kadang dapat juga disebabkan masalah kesehatan lainnya sehingga tidak jarang orang baru menyadarinya setelah mengalami serangan jantung atau stroke.
Karena itu, seseorang tidak akan mengetahui akan kadar kolesterol yang dimilikinya tanpa melakukan pemeriksaan darah. Pemeriksaan kolesterol akan menghasilkan data perkiraan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga resiko yang bisa jadi membahayakan tubuh.
Dengan melakukan pemeriksaan ini, seseorang dapat mengetahui kadar kolesterol yang dimilikinya dan dapat mengatur pola kehidupannya sehingga terhindar dari berbagai resiko seperti penyakit jantung dan stroke.
Makanan Penurun Kolesterol

Berikut merupakan jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh :

Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, tanpa menimbulkan dampak negatif terhadap kolesterol yang bermanfaat, sehingga organ hati dan jantung akan terjaga.

banyak sekali penyebutan Zaitun di dalam Al Quran, Alloh Azza wa Jalla bersumpah dengan zaitun tersebut dalam firman Nya: "Demi pohon Tien dan Zaitun. (At-Tin 1-2), dan firmanNya dalam surat An-Nuur ayat 35.

Demikian pula di didalam hadits Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam , beliau bersabda, Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi. (HR Abu Daud, disebutkan dalam Shahihul-Jami no 4921 dan menurut Syaikh Al Albani ini merupakan hadits shahih).

Ikan, minyak ikan atau omega 3

Urgensi memakan ikan dan omega 3 sangat tinggi untuk mencegah beberapa penyakit sehingga mengonsumsinya secara teratur sangat dianjurkan.

Diet kaya omega 3 dapat menurunkan resiko jantung, mengurangi resiko pengentalan darah dan juga bisa menurunkan tekanan darah. Para ahli kesehatan menganjurkan untuk memakan ikan kaya omega 3 sebanyak 2 takar dalam seminggunya.

Studi yang pernah dilakukan di Norwegian University of Science and Technology menemukan hasil bahwa pengidap diabetes tipe 2 yang banyak mengonsumsi ikan yang kaya omega 3 selama 9 minggu ternyata mengalami penurunan konsentrasi dan ukuran jenis kolesterol di dalam tubuhnya.


Minyak Ikan Salmon
Minyak Ikan Salmon memiliki kandungan Omega yang sangat tinggi


Kacang-kacangan

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternyata kacang-kacangan juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat membantu dalam mengurangi kadar resiko penyakit jantung. Kacang-kacangan seperti Kenari dan Almond dapat membantu menurunkan kolesterol. Penn State Study menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi Kenari Hijau berdampak pada penurunan kadar kolesterol jahat secara signifikan.

Bawang putih

      Bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat Anda sembari menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan agar mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.
Obat Herbal Kolesterol
Salah satu herbal produk olahan bawang putih


Masih banyak lagi makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat seperti Teh Hijau, Tomat, Buah anggur, Blueberry , kedelai, minyak kelapa, alpukat, jus lemon, kayu manis dan masih banyak lagi lainnya.


0 comments:

Post a Comment

Biasakan diri untuk comment yang berkualitas, Comment yang tidak berkualitas langsung di Remove. Terima Kasih.